Cara Belajar SEO Bagi Pemula

Posted by boyadoe on Sunday, February 6, 2011

belajar seo memang ngak ada habisnya, dengan cara atau teknik yang beraneka, bila sobat masih seperti saya anda adalah pemula dan belum mengetahui dasar bagaimana belajar SEO yang baik dan benar, dan kadang membuat bingung darimana harus mulai karena pusing melihat banyaknya tips-trik SEO yang ditawarkan para blogger, jadi mari kita belajar bersama. menurut saya belajar seo pada dasarnya sebenarnya intinya sama., mungkin di sini untuk para newbie bisa saling bertukar fikiran mengenai cara belajar seo yang baik dan benar. Karena untuk dapat mengoptimalkan blog agar dapat bersaing di SERP itu tidak semudah membalikkan telapak kaki, eh.. tangan.

Apakah sobat telah banyak belajar mengenai SEO itu sendiri dan mungkin sobat telah mempunyai trik seo yang menurut sobat cocok untuk sobat, ada baiknya dalam belajar seo dengan cara atau teknik yang beragam mungkin disini sobat mungkin bisa memakai logika dan melakukan penelitian sendiri tentang seo, dengan belajar dari pengalaman para master seo, karena menurut saya belajar seo itu bukan ilmu pasti, karena seandainya seo itu ilmu pasti maka cukup kita membuka saja satu blog master seo dan kita ikutin trik dan tipsnya, udah dech selesai. Tapi setahu saya search engine khususnya mbah google ngak pernah menguak rahasia agar bisa tampil di SERP dan teknik SEO itu yang benar gimana, makanya itu mengapa begitu banyak cara dan teknik seo yang bermunculan, karena hasil dari percobaan, pengamatan dan pengalaman dari para master seo itu sendiri.

SEO atau singkatan dari Search Engige Optimization adalah suatu teknik yang digunakan untuk bagaimana mengoptimalkan blog kita agar disukai search engige(Google,Yahoo,MSN,etc) dan para pengunjung. Jika blog kita lebih SEO friendly maka posisi ranking di SERP (Search Engige Result Pages) akan lebih baik pastinya dan bisa jadi berada di urutan pertama. Sehingga tingkat pengunjung yang datang ke blog kita juga akan meningkat trafiknya.

Belajar SEO bisa dipahami asalkan kita tekun dan slalu berusaha jadi tumbuhkanlah semangat 45 (merdekaaaa) mari belajar bersama karena belajar seo itu mengasikkan tapi jangan sampai strezz. Setahu saya Ada dua kunci dasar untuk belajar SEO bagi para pemula yaitu dengan On Page Optimization (Optimasi dalam halaman blog) dan Off Page Optimization (Optimasi di luar halaman blog).


1. ON PAGE OPTIMIZATION
Ada dua hal yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan blog dalam halaman sendiri, yaitu : Blog Attribute dan Content Atribute.

A. Blog Attribute :
Nama Domain : atau alamat url blog anda seperti happy-ji.blogspot.com, tapi katanya nama domain akhir-akhir ini sudah tidak diperhitungkan lagi dalam hal SEO. Biasanya kita terfokus untuk memasukkan kata kunci kita sebagai nama domain, namun akan lebih baik jika anda memakai nama domain yang mudah diingat, keren, gampang disebut, dan tidak lebih dari 2 frase.
Judul Blog : boleh memakai nama yang sama dengan nama domain, namun lebih baik lagi jika anda memakai nama blog yang sama dengan kata kunci andalan anda. Tidak usah terlalu panjang kurang lebih 80 karakter. Jika anda pusing mau ngasih judul apa blog anda kasih saja nama anda sendiri seperti saya Panca's Blog.
Judul Postingan : harus jelas, singkat dan padat, harus unik dan sekali-sekali yang kontroversial. Dan yang paling urgent harus sesuai dengan isinya. Dan yang paling utama lagi menurut saya adalah target dari keywords sobat.
Meta Tag : adalah suatu teks yang tersembunyi di bagian tag head pada halaman HTML anda. Berupa penjelasan deskripsi blog anda keseluruhan dan uraian kata kunci utama anda. Meta Tag adalah salah satu yang paling utama digunakan oleh beberapa search engige untuk mengindex blog kita. Panjang deskripsi meta tag anda sebaiknya kurang lebih 80 karakter. Dari sebagain master seo meta tag kurang diperhitungkan lagi
Desain Template Blog : sebenarnya sudah banyak template/layout yang SEO Friendly namun yang perlu anda perhatikan adalah carilah template yang strukutur kode konten yang paling atas dari bagian-bagian lainnya. Coba anda refresh halaman blog anda dan perhatikan bagian apa dulu yang pertama muncul, jika bagian sidebar duluan muncul dari konten isi maka itu tidak baik, tidak SEO friendly. Yang sebaiknya adalah konten isi duluan. Lihat cara mengedit template agar seo friendly
Gambar : jika dalam artikel anda juga terdapat sebuah gambar akan lebih baik lagi. Manfaatkanlah attributr ALT. Masukkanlah kata kunci anda pada kode ALT dalam script gambar tersebut.
Heading Tag : perhatikan juga struktur heading tag HTMLnya seperti H1, H2, atau H3 dimana sebagai tanda seberapa penting judul dalam konten anda. Heading tag ini sangat disukai oleh google.
B. Content Attribute :
Kata Kunci (Keyword) : pilihlan kata kunci yang anda tembakkan ke dalam artikel anda, masukkanlah kata kunci yang banyak orang cari. Kata kunci inilah yang menjadi topik ide utama dalam halaman artikel anda. Melalui kata kunci tersebut search engige memberi nilai pada artikel anda di SERP.
Jumlah Kata Kunci : tergantung dengan panjang pendeknya artikel anda, namun biasanya dalam satu artikel harus terdiri dari 2-5 kata kunci. Terlalu banyak kata kunci bisa jadi bumerang, nanti dianggap spam content oleh search engige.
Posisi Kata Kunci : sebaiknya berada di awal kalimat dalam paragraf pertama dan paragraf terakhir. Namun jangan terpaku dengan ini, buatlah secara alami dan relevan dengan kata-kata yang lain sehingga enak untuk dibaca. Jangan asal menembak kata kunci, karena bukan hanya search engine tujuan anda masih ada pengunjung setia anda yang harus diperhatikan.

2. OFF PAGE OPTIMIZATION
Jumlah Backlink : adalah suatu link yang tertuju ke blog anda dari berbagai blog lainnya. Carilah sebanyak mungkin. Cara mencarinya ada beberapa seperti melakukan pertukaran link dengan blogger lain, menulis konten yang berkualitas dan bermanfaat sehingga blogger lain dengan sukarela memberi backlink ke anda.
Kualitas backlink : backlink yang baik adalah harus relevan dengan topik, backlink dari blog dengan Pagerank yang tinggi. Semakin banyak backlink berkualitas yang anda dapatkan maka semakin baik pula blog anda di SERP. Ingat jangan pernah bertukar link yang berasal dari link farm.

Kurang lebih seperti itulah tips dasar belajar SEO, jika anda merasa masih ada yang kurang atau keliru silahkan beri komentarnya yang tentu dengan solusinya. Jika merasa malas tuk memberikan komentar tidak apa-apa, tapi jelaskan ya alasannya. xixixixi

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL anda pada kotak yang tersedia.Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongkan.