Teknik SEO Yang Patut Diketahui

Posted by boyadoe on Tuesday, February 1, 2011

Setelah lama menelusuri mengenai dunia bloging terutama mengenai SEO (maklum gw masih lom ngerti masalah SEO) saya menemukan hal yang menarik disalah satu blog mengenai SEO. Dari sekian banyak blog yang sering saya baca rata-rata memberikan info untuk dapat bersaing di SERP, bahwa harus sering update agar blog dapat bersaing di SERP. Tapi hal yang sangat menarik dan mungkin bisa saya terima dalam akal pikiran adalah hal utama blog agar disukai mesin pencari terutama google, itu bukan karena sering update atau terus memperbanyak jumlah postingan. Memang sih menurut saya bagus bila kita sering update blog dengan sebisa mungkin menambah jumlah postingan tapi jauh-jauh lebih penting adalah konten atau artikel yang benar-benar berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Dalam hal ini bagaimana membuat para pengunjung kita untuk bisa memanfaatkan postingan kita dengan memberikan komentar-komentar pada postingan kita yang tentunya juga berkualitas.

Jadi menurut saya (maaf ya, ini hanya pendapat pribadi silahkan bila ada pendapat lain) hal yang paling utama dalam dunia bloging adalah bagaimana bisa menyajikan konten atau artikel yang bisa membuat pengunjung meberikan komentar-komentarnya. Tidak terlepas dari manfaat atau kualitas konten tersebut.

Saya mohon maaf kepada para peblogger yang sudah sudah lama menggeluti dunia bloging, saya belum cukup sebulan mempelajari dunia bloging ini tentunya masih umur yang sangat-sangat muda masih bayi.. xixixixixi. Untuk sebelum mempelajari blog-blog yang baik SERP saya hanya ingin menambah istilah dari para master bahwa KONTEN ADALAH RAJA. saya mempunyai sedikit pendapat dan menambahkan sedikit menjadi KONTEN ADALAH RAJA DAN KOMENTAR PENGUNJUNG ADALAH RATU. Hi…hi…hi…hi…hi…..

Saya sering mendapati blog yang bagus di SERP tapi ngak punya banyak kontent atau artikel, setelah saya amati dan mengambil kesimpulan sendiri bahwa blog tersebut bisa mempunyai posisi bagus di SERP itu karena banyaknya jumlah pengunjung dan meberikan komentar pada setiap postingan. Apakah dengan banyaknya komentar pada setiap postingan sudah bisa dianggap bahwa postingan tersebut berkualitas ? anda jawab sendiri ya.

Jadi kesimpulan saya (ini pribadi saja) : bagaimana membuat konten yang berkualitas dan dapat membuat pengunjung untuk dapat meninggalkan komentar-komentar kalau bisa sech yang berkualitas juga, jadi bagaimana membuat konten yang bisa betah dibaca dari awal hingga akhir oleh pengunjung jadi dengan begitu besar kemungkinan bisa meniggalkan komentar. Kalau pengunjung bosan untuk membaca bagaimana bisa memberikan komentar, khan dia ngak tahu isi dari konten tersebut. Ohh iya untuk konten yang berkualitas itu terserah dari masing-masing, mungkin bisa artikel itu lucu, menarik, bermanfaat, aneh, atau lain-lain deh. Sehingga bisa banyak pengunjung dan bisa memberikan komentar

Setelah membaca dan melihat video di youtube dari google webmaster help, dapat diambil pernyataan yang tidak diragukan lagi keabsahannya. Karena pihak google sendiri yang membeberkannya, dalam hal ini adalah om Matt cutts. Silahkan lihat : http://blogjuragan.blogspot.com

Dalam tayangan video tersebut, om mattcuts mengatakan bahwa frekuensi update posting dari sebuah blog tidak terlalu diperhitungkan oleh algoritma google. Bahkan beliau mengatakan :

Jauh lebih baik menunggu hingga beberapa hari atau bahkan beberapa minggu — jika sobat membutuhkan waktu — untuk menulis dan mempelajari topik yang ingin dibahas dari sebuah konten atau artikel yang benar-benar berkualitas untuk pembaca. Sehingga dapat pengunjung dapat meninggalkan komentar

Dengan kata lain, kualitas (quality) konten benar-benar sangat penting dimata google dibandingkan dengan jumlah posting (quantity) dan frekuensi update posting.
Walau demikian, update posting tetap saja perlu. Minimal untuk para pembaca yg selalu menginginkan konten fresh, untuk para pelanggan feed, Untuk menambah keyword baru digoogle, dll. Hanya saja, tidak harus terbebani jika tidak update blog, karena google tidak akan memberi hukuman apapun.

update blog jangan dijadikan beban, manfaatkankanlah waktu untuk menyiapkan sebuah konten yang berkualitas atau bermanfaat (berkualitas dalam arti bisa meningkatkan jumlah pengunjung dan pengunjung memberikan komentar berkualitas dan mendukung)

Maksud : silahkan sobat membuat sebuah artikel yang betul-betul menurut sobat baik, setelah selesai sobat cari di mesin pencari tentang topik artikel sobat. Apakah hanya artikel sobat yang ada, saya rasa tidak. Pasti banyak yang membuat artikel tentang topik yang sama. Artikel sobat mempunyai komentar pengunjung 10 orang dan pada blog lain yang membahas topik yang sama mempunyai komentar pengunjung 50 orang. Bila dibandingkan dengan tulisan mulai dari tata bahasa, isi atau apalah. Konten sobat lebih bagus. Kira-kira yang mana lebih dilirik mesin pencari ? saya bingung untuk menjawab takut salah. Jadi mohon pencerahannya jangan sampai saya salah

Ada pendapat lain menyangkut hal ini ? silahkan gunakan kotak komentar.
Khan komentar adalah ratu… xixixixi ….. (http://blogjuragan.blogspot.com)



{ 11 comments... read them below or add one }

Newbie Ingin Belajar Komputer dan Internet said...

wah baru tahu saya gan, kalo update tiap hari g ngaruh,
btw thanks yah, skrang ane ratu disini.ckikiki...

boyadoe said...

ke blognya om mattcuts bro, banyak yang dijelaskan di sana

Lirik lagu barat said...

Di sini jg lengkap kok..

Belajar bisnis online gratis said...

Oh gitu yah.. Thanks untuk artikelnya..

dari cheater ke blogger said...

sep gan itu semua jurus pamungkas nya apa masih
ada lg jurus yg belum di turunkan. hehehehe ^.^

boyadoe said...

untuk jurus yang lain kapan-kapan di post lagi yah, di pelajari dulu biar tahu dampak baik buruknya, jadi kalo di post ngak membuat sesat....

Achmad Archan said...

makasih ya gan udah ngasih teknik2nya

Admin said...

ini ada 'Tokoh Milyarder Internet Dunia' Semoga bisa memberi inspirasi teman-teman semua.....

trawang said...

infonya bagus sangat bermanfaat

jasmin said...

Wah gan ane masih lum ngerti cara menaikan posisi blog kita di SERP. blog sini mengatakan ini,blog itu mengatakan itu,hampir semua dah ane coba,tapi ya hasilnya belum keliatan.
tapi opini bos go-od juga.
kunjungi blog ane bos di http://jasmin-haidir.blogspot.com.
maaf ane nulis url di sini.

dudu rojo said...

menarik sekali...

terimakasih,ijin copas ya...

www.komputerdudu.blogspot.com

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL anda pada kotak yang tersedia.Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongkan.