cara memasang meta tag disetiap postingan secara otomatis

Posted by boyadoe on Saturday, February 5, 2011

Belajar SEO menurut saya cukup membuat kepala pusing dengan begitu banyak cara atau teknik SEO, ini bisa membuat kita bingung bahkan strez, itu bila sobat memang tidak sabar dan terkesan terburu-buru dan ingin yang instan, karena menurut saya untuk belajar seo agar blog/web kita bisa optimal itu dibutuhkan kesabaran, dengan begitu beragamnya Teknik seo yang menurut saya intinya sebenarnya mirip tinggal bagaimana sobat bisa memahaminya. (walaupun saya sendiri sih lom terlalu paham), tapi mari tetap tumbuhkan semangat 45 (merdekaaaa).
Postingan berikut ini mungkin sekedar pelengkap mengedit template agar lebih seo friendly tapi saya sangat rekomendasikan ini, karena dari yang saya tahu ada baiknya kita memasang meta tag di setiap postingan karena sangat-sangat berguna untuk optimasi onpage karena setiap postingan kita akan memiliki meta deskripsi yang berbeda antara satu postingan dengan postingan lainnya tanpa perlu repot-repot nambahin satu-satu pada setiap postingan secara manual. Dengan kata lain, meta deskripsi dan keyword pada setiap posting akan ter-generate secara otomatis. Hal ini tentu menjadi solusi bagi sobat yang mengalami duplikasi meta deskripsi.

Cara memasang meta tag deskripsi dan keyword setiap postingan secara

Bagi yang BELUM PERNAH memasang meta tag deskripsi sebelumnya, ikutin cara ini :

1. Pertama-tama login dulu dong ke blogger.com terus ke tata letak > edit html.
2. Tunggu sampe terload secara maksimal dan cari kode berikut (gunakan ctrl + f di firefox untuk mencari) :

<title><data:blog.pageTitle/></title>

3. Setelah dapat kode diatas hapus lalu ganti dengan kode berikut :

<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://ALAMATBLOGSOBAT.blogspot.com/&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta name='DESCRIPTION' content='ISI DENGAN DESKRIPSI UNTUK HOMEPAGE BLOG SOBAT'/>
<meta name='KEYWORDS' content='ISI DENGAN KATA KUNCI UNTUK HOMEPAGE'/> </b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + ", " + data:blog.title + ", " + data:blog.pageName' name='Description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + ", " + data:blog.title + ", " + data:blog.pageName' name='Keywords'/>
</b:if>

4. Selesai dan save template sobat.

Bagi yang SUDAH PERNAH memasang meta tag deskripsi sbelumnya, ikutin cara berikut ini :

Setelah login langsung ke Tata Letak Edit HTML dan cari kode ini

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>

Intinya tuh sobat cari kode deskripsi yang lama ( yang udah pernah sobat pasang sebelumnya), kemudian dihapus aja semua kode deskripsi yang lama ntuh.

3. Setelah kode meta tag deskripsi dan keyword yang lama dihapus diganti dengan kode berikut yang tentunya lebih canggih lagi

<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://ALAMATBLOGSOBAT.blogspot.com/&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta name='DESCRIPTION' content='ISI DENGAN DESKRIPSI UNTUK HOMEPAGE BLOG SOBAT'/>
<meta name='KEYWORDS' content='ISI DENGAN KATA KUNCI UNTUK HOMEPAGE'/> </b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + ", " + data:blog.title + ", " + data:blog.pageName' name='Description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + ", " + data:blog.title + ", " + data:blog.pageName' name='Keywords'/>
</b:if>

4. Udah digantikan ? kalo udah selesai langsung aja di save template.

Nah, demikianlah cara memasang meta tag di setiap postingan Semoga setelah ikutin cara diatas sobat  gak direpotkan lagi dengan harus memasang meta tag deskripsi di setiap postingan secara manual lagi.

Setelah memasang meta tag, bila berkenan sekarang saatnya sobat memasang komentar di kolom yang telah disediakan. xixixixixixi.

{ 6 comments... read them below or add one }

harto said...

MANTAP GAN INFO'Y

Citimaxiss said...

makasih infonya

Qhizil-Qhidas said...

Makasih infonya Gan..

Adit Sukma said...

sipp bgt juragan...

FingerManga said...

mantap bro

RidwanAu said...

thanks infonya..
mampir ok :)

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL anda pada kotak yang tersedia.Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongkan.