Cara Belajar Seo Dari Hasil Penelitian Pribadi

Posted by boyadoe on Friday, February 4, 2011

cara belajar seo Apakah sobat termasuk dari orang-orang yang lagi belajar seo, ataukah sobat orang yang sudah menguasai cara seo yang benar, kalau saya seh, termasuk yang lagi belajar, khan masih baru, saya di buat penasaran tentang mengetahui bagaimana cara belajar SEO yang baik dan benar, serta darimana harus mulai karena pusing melihat banyaknya tips-trik SEO yang ditawarkan para blogger yang sebenarnya intinya sama.

SEO atau singkatan dari Search Engige Optimization adalah suatu teknik yang digunakan untuk bagaimana mengoptimalkan blog kita agar disukai search engige. Jika blog kita SEO friendly maka dapat membantu posisi ranking di SERP (Search Engige Result Pages) bisa jadi berada di urutan pertama. Sehingga tingkat pengunjung yang datang ke blog kita juga akan meningkat.

Belajar SEO yang saya tahu untuk mengoptimalkan blog kita yaitu dengan On Page Optimization (Optimasi dalam halaman blog) dan Off Page Optimization (Optimasi di luar halaman blog).

Yang saya berikan ini mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk sobat khususnya para rekan-rekan pemula yang mana ini adalah dari hasil penelitianku secara otodidak, saya sendiri masih sangat-sangat baru belum genap sebulan saya mengenal dunia bloging ( jah masih bayi…xixixixi ) tapi ngak apa-apa khan sekalian belajar nulis… hihihihi….

Saat ini menunjukkan pukul 01.15 ngak bisa tidur iseng-iseng deh internetan, saya belajar dengan mengamati peringkat menggunakan WebRank Toolbar. Berikut hasil penelitiannya :

cara belajar seo
Disini saya mengamati dengan menggunakan kata kunci atau keywords cara belajar seo, dengan mengambil bahan pengamatan situs yang berada pada posisi 1 s/d 8, dengan menganalisis melalui WebRank Toolbar, Lanjut sobat

Posisi 1


belajar seo blogspot
 




Sobat bisa melihat hasil dari tabel di atas pada posisi 1 mempunyai pagerank 1 bisa dibandingkan dengan posisi 2 sampai 4 dan juga 6 yang mempunyai pagerank 2 dan 3 kenapa bukan yang mempunyai pagerank 2 atau 3 yang berada pada posisi pertama bisa disimpulkan bahwa pagerank tidak bisa dijadikan acuan untuk mendapatkan posisi pada search engine.
Pada ranking alexa pada posisi pertama memang mempunyai alexa yang baik yaitu 67.454 tapi kenapa ya pada posisi 2 dan seterusnya itu mempunyai nilai alexa di atas 1.000.000 malah sampai 6.000.000 bisa dibandingkan pada posisi 2 sampai 6 dengan yang berada pada posisi 7 yang mempunyai nilai alexa 668
Dan pada page index search engine pada posisi 1 index 1480 tetapi di yahoo mencapai 4138 yang lainnya kemana yah, sakti bener nech blog banyak banget ampe ribuan gitu, nyelesaiin satu aja gw lama. Bila copy paste seh jangankan sampe 4000 sampai 1000 ribu pun dalam 2 tahun pasti gw bisa (hahahaha)
Lebih sakti lagi yang posisi 2 sampai 8950 di google tapi di yahoo Cuma 446 targetnya Cuma google kali yah, pada posisi 2 sampai 7 normal aja tuh Cuma ratusan. Apa mungkin jumlah artikel bisa mempengaruhi peringkat dalam SERP ? tapi gimana dengan yang posisi 8 yang mencapai 2580 ? kalau saya sih jumlah artikel bukan patokan dalam posisi di search engine lihat pada posisi 6 Cuma 80 tapi mempunyai pagerank 3, sedikit tips pribadi buat rekan pemula ! jumlah artikel bukan target utama tetapi bagaimana membuat artikel yang berkualitas dan mempunyai pengunjung yang memberikan komentarnya. Bisa dibaca pada postingan sebelumnya, teknik seo yang patut anda ketahui.
Bisa dilihat blog yang berada pada posisi 4 itu postingannya dipost pada tanggal 26 juni 2009 dan kata kunci yang tedapat pada postingan itu ada 2 yaitu belajar seo dan cara belajar seo tetapi jumlah visitor atau pengunjung pada artikel tersebut cukup lumayan banyak. Lebih sakti lagi yang berada pada posisi 5, itu postingannya dipost pada tanggal 27 januari 2011 dan dalam artikel Cuma terdapat 1 kata kunci, sementara saya membuat postingan ini bisa sobat lihat sendiri itu selisihnya Cuma berapa lama pada kata kunci ini blog tersebut sudah bisa berada pada posisi 5 menurut saya dari hasil kunjungan karena jumlah pengunjung cukup lumayan bayak dan artikel tersebut hanya dibuat untuk memperkuat pada postingan yang sebelumnya dengan target kata kunci yang mirip dan blog tersebut sudah cukup berumur dan jumlah backlink ngak banyak yang terdeksi bisa disimpulkan bahwa backlink yang berkualitas sangat menentukan blog bisa bersaing di search engine. bukan dari banyaknya backlink, karena percuma banyak backlink tapi tidak ada yang berkualitas. Jadi bagaimana bisa mendapatkan backlink yang benar berkualitas, silahkan sobat cari tahu sendiri karena saya juga tidak tahu… xixixixi…
Dalam membuat artikel janganlah terlalu banyak kata kunci sehingga artikel itu sendiri panjang tetapi kalimat-kalimat itu-itu saja yang diulang, jadi membuat pengunjung bingung karena terlalu banyaknya kata yang diulang-ulang. (maksudnya sih biar dalam artikel kata kuncinya banyak), seharusnya bisa dapatkan pengunjung, jadi ngak jadi dech…. 

dalam membuat artikel ini maksudnya : yang pertama sambil belajar karena kebetulan saya baru tahu cara membuat halaman web menjadi gambar... (hahahah) yang kedua sambil mengamati sambil berkomentar pada blog dan menambah teman siapa tahu bisa dapat backlink...

semoga bisa ada manfaat buat para teman pemula 

{ 5 comments... read them below or add one }

ryan basta said...

siipp gan artikelnya.....

ntar tinggalin komentarnya juga d punyaku ya....

MS Yahya said...

Ak juga newbe neh,,,makasih om tulisannya sangat menarik... :D

Jasa Seo said...

luar biasa ini mas cara anda mempraktekan seonya.saya dapat hal yang baru

hattachen said...

info hasil penelitian sobat sangat menambah data base saya, setidaknya saya tidak perlu menghabiskan penelitian ini lagi. Tadinya saya juga memiliki pola pikir seperti sobat mengecek satu per satu PR, backlink dll. Namun tanpa sengaja saya menemukan untuk keywords yang sama saja, tampilan pada SERP bisa berubah dalam hitungan menit. akhirnya saya menunda niat melakukan penelitian ini. ditambah lagi Google ternyata menerapkan personalisasi pecarian untuk masing masing users. berikut link ke artikel personalized search for everyone.
sebelumnya mohon maaf sobat, comment saya ini hanya karena keinginan untuk berbagi pengalaman saya.
Dari pengamatan saya, bahwa keywords tetap menempati posisi tertinggi pada tampilan hasil pencarian. contohnya saja: apabila kita memasukkan keywords berupa alamat URL posting kita. Pastilah link posting kita akan menempati urutan teratas. Namun sekali lagi ini hanya pendapat pribadi saya saja.
salam hangat dari seorang blogger pemula

Berita Terbaru said...

ingin belajar seo karena backlink yang berkualitas sangat menentukan blog bisa bersaing di search engine:)

Post a Comment

Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL anda pada kotak yang tersedia.Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongkan.